Translate

Blog Archive

Cari Blog Ini

e-Compusoft Online English Training

Selasa, 31 Maret 2009

Pengembangan Program pada KBK

1.Program Tahunan

Program tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas, yang dikembangkan oleh setiap guru mata pelajaran untuk setiap kelas.
2.Program Semester
Program semester berisikan garis - garis besar mengenai hal - hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut.
3.Program Modul
program modul atau pokok bahasan pada umumnya dikembangkan dari setiap kompetensi dan pokok bahasan yang akan disampaikan. Program ini merupakan penjabaran dari program semester.
4.Program mingguan dan harian
Melalui program ini dapat diketahui tujuan - tujuan yang telah dicapai dan yang perlu diulang, bagi setiap peserta didik. Melalui program ini juga juga diidentifikasikan kemajuan belajar setiap peserta didik, sehingga dapat diketahui peserta didik yang mendapat kesulitan dalam setiap modul yang dikerjakan, dan peserta didik yang memiliki kecepatan belajar diatas rata - rata kelas.
5.Program Remedial dan Pengayaan
Program ini merupakan pelengkap dan penjabaran dari program mingguan dan harian. Berdasarkan hasil analisis terhadap kegiatan belajar, dan terhadap tugas - tugas modul, hasil tes, dan ulangan dapat diperoleh tingkat kemampuan belajar setiap peserta didik.
6.Program Bimbingan dan Konseling Pendidikan
Sekolah berkewajiban memberikan bimbingan dan konseling terhadap peserta didik yang menyangkut pribadi, sosial belajar, dan karier. Selain guru membimbing, guru mata pelajaran memenuhi kriteria pelayanan dan bimbingan karier diperkenankan memfungsikan diri sebagai guru pembimbing. Oleh karena itu, guru mata pelajaran harus senantiasa berdiskusi dan berkoordinasi dengan guru bimbingan dan konseling secara rutin dan berkesinambungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar