Translate

Blog Archive

Cari Blog Ini

e-Compusoft Online English Training

Kamis, 02 April 2009

Pelaksanaan Pembelajaran pada KBK

1. Pre Tes (tes awal)
Fungsi pres tes ini antara lain dapat dikemukakan sebagai berikut:
a. Untuk menyiapkan peserta didik dalam proses belajar.
b. Untuk mengetahui tingkat kemajuan peserta didik.
c. Untuk mengetahui kemajuan awal yang telah dimiliki peserta didik.
d. Untuk mengetahui darimana seharusnya proses pembelajaran dimulai, tujuan-tujuan mana yang telah diketahui peserta didik, dan tujuan-tujuan mana yang perlu mendapat penekanan dan perhatian khusus.
2. Proses
Proses disini sebagai kegiatan ini dari proses pembelajaran, yakni bagaimana tujuan-tujuan belajar direalisasika melalui modul. Proses pembelajaran perlu dilakukan dengan tenang dan menyenangkan , hal tersebut tentu saja menuntut aktifitas dan kreatifitas guru dalam menciptakan lingkungan yang kondusif. Proses pembelajaran dikatakan efektif apabila seluruh peserta didik terlibat secara aktif, baik mental, fisik maupun sosialnya.
3.Post Test
Fungsi post test antara lain dapat dikemukakan sebagai berikut:
a. Untuk mengetahui tingkat penguasaan peserta didik terhadap kompetensi yang telah ditentukan, baik secara individu maupun secara kelompok.
b. Untuk mengetahui kompetensi dan tujuan-tujuan yang dapat dikuasai oleh peserta didik, serta kompetensi dan tujuan-tujuan yang belum dikuasainya.
c. Untuk mengetahui peserta didik yang perlu mengikuti kegiatan remedial, dan peserta didik perlu mengikuti kegiatan pengayaan, serta untuk mengetahui tingkat kesulitan dalam mengerjakan modul (kesulitan belajar).
d. Sebagai bahan acuan untuk melakukan perbaikan terhadap komponen-komponen modul, dan proses pembelajaran yang telah dilaksanakan, baik terhadap perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar