BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Baturaja bertujuan membekali dan membina mahasiswa agar memiliki keahlian dalam bidang teknologi pendidikan, yang meliputi kegiatan desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan dan penilaian. Praktik lapangan teknologi pendidikan adalah salah satu wujud nyata usaha pembekalan mahasiswa dibidang pengelolaan sumber daya pembelajaran pada satuan dan jenjang pendidikan pada lembaga atau instansi pendidikan dan latihan baik yang dikelola pemerintah maupun swasta.
Dalam rangka pencapaian tujuan di atas, adalah tugas program studi teknologi pendidikan untuk melakukan berbagai upaya pembekalan mahasiswa agar dapat meningkatkan semua kompetensi yang ada pada dirinya sehingga dapat melakukan tugasnya sebagai tenaga kependidikan. Di samping memberikan perkuliahan, program studi juga memandang perlu melatih dan membekali mahasiswa dengan melakukan praktik – praktik di lapangan (lembaga/instansi pendidikan dan latihan serta pusat sumber belajar).
Urgensi dilaksanakannya praktik lapangan teknologi pendidikan agar ada relevansi antara pengetahuan dengan keterampilan. Suatu teori tanpa praktik merupakan hal yang sia – sia saja atau lebih tepatnya hanya membuang waktu tanpa arti.
Kegiatan melatih dan membekali mahasiswa di lapangan dilakukan dalam bentuk Praktik Lapangan Teknologi Pendidikan (PLTP). Dalam hal ini mahasiswa dituntut untuk melakukan kegiatan selama waktu yang dibimbing oleh pamong (dari tempat praktik) di lapangan dan di bantu oleh dosen supervisor (dari dosen yang ditunjuk prodi).
Dari uraian di atas jelaslah bahwa praktik lapangan teknologi pendidikan merupakan wujud nyata adanya relevansi antara praktik dengan tinjauan teori. Pada intinya adalah untuk meningkatkan sumber daya lulusan teknologi pendidikan.
B. Tujuan PLTP
Kegiatan PLTP mahasiswa program studi teknologi pendidikan bertujuan untuk mengaplikasikan teori yang diperoleh dibangku perkuliahan agar mahasiswa memperoleh pengalaman praktis di lapangan yang berkaitan dengan bidang garapan teknologi pendidikan. Dengan kegiatan praktik lapangan ini mahasiswa akan memperoleh pengalaman secara langsung dan nyata.
C. Manfaat PLTP
Manfaat pelaksanaan praktik lapangan teknologi pendidikan sebagai berikut:
- Mendapat pengalaman langsung dari lapangan dalam meningkatkan keterampilan sehingga dapat menunjang pemahaman terhadap materi.
- Menemukan keterkaitan teori dengan praktik lapangan
- Meningkatkan rasa kerja sama dalam satu kelompok terutama dalam memutuskan solusi pada permasalahan yang dihadapi saat praktik lapangan.
D. Jangka Waktu PLTP
Adapun jangka waktu Praktik lapangan teknologi pendidikan tahun akademik 2008/2009 dimulai dari tanggal 10 November 2008 sampai 24 Januari 2009 (seharusnya tanggal 10 Februari 2009 dikarenakan ujian akhir semester dan libur semester ganjil).
BAB II
DESKRIPSI TEMPAT PRAKTIK
A. Lokasi Praktik
Lokasi tempat praktik lapangan teknologi pendidikan adalah perpustakaan Universitas Baturaja di Gedung Auditorium lantai 2 Universitas Baturaja jalan Ratu Penghulu No. 02301 Karang Sari Baturaja OKU SUMSEL.
B. Sejarah Berdirinya Tempat Praktik
Perpustakaan Universitas Baturaja didirikan pada tanggal 8 Juli 1999 bertepatan dengan didirikannya Universitas Bauraja yang pada saat itu berada di kampus A jalan H.O.S Cokroaminoto Nomor 0172 Baturaja. Hal ini karena adanya perpustakaan merupakan salah satu persyaratan untuk mendirikan sebuah perguruan tinggi
Pada saat didirikan koleksi buku yang ada sejumlah 109 eksemplar untuk 4 Fakultas yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Teknik dan Fakultas Pertanian. Pada tanggal 22 Juli 2004 perpustakaan Universitas Baturaja dipindahkan ke kampus c lantai 2 Jalan Ratu Penghulu Karang Sari Baturaja yang sekarang menjadi gedung rektorat, seiring dengan itu koleksi buku bertambah menjadi 758 Eksemplar. Pada bulan November 2008 perpustakaan Universitas Baturaja di tempatkan di gedung auditorium lantai 2 Karang Sari Baturaja yang melayani 5 Fakultas dengan penambahan 1 Fakultas lagi yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.
C. Ruangan Perpustakaan
Ruangan perpustakaan Universitas Baturaja terdiri dari ruang baca, ruang layanan, ruang koleksi, ruang administrasi dan pengelolaan. Ruangan perpustakaan Universitas Baturaja merupakan milik sendiri dan tempat bacanya mempunyai daya tampung 24 orang pengunjung.
D. Perabotan/Peralatan
1. Rak/Lemari buku : 5 buah 2. Lemari Arsip : 2 buah 3. Meja baca : 4 buah (Lesehan) 4. Rak majalah/surat kabar : 2 buah 5. Meja dan kursi kerja petugas perpustakaan : 4 pasang | 6. Lemari katalog : 1 buah 7. Papan pengumuman : 1 buah 8. Komputer : 1 set 9. Printer : 1 buah |
E. Sumber Dana
Dalam pengelolaan perpustakaan Universitas Baturaja tentunya memerlukan biaya. Biaya tersebut bersumber dari anggaran belanja Universitas Baturaja
F. Jumlah Koleksi
Koleksi adalah bahan pustaka berupa buku dan non buku yang dihimpun oleh perpustakaan. Dalam hal ini perpustakaan Universitas Baturaja masih memiliki koleksi sebanyak 1.905 Eksemplar.
G. Sumber Pengadaan Koleksi
Sumber pengadaan koleksi perpustakaan Universitas Baturaja antara lain:
1. Pembelian yang dananya bersumber dari anggaran belanja Universitas Baturaja
2. Hadiah dari alumni
3. Hadiah dari perpustakaan daerah dan provinsi
4. Hadiah dari Departemen Agama dan Instansi lainnya
H. Pengolahan Pustaka
1. Inventarisasi
Setiap pustaka yang masuk menjadi milik perpustakaan diinventaris atau dicatat dalam buku inventaris/buku induk dan diberi nomor inventaris. Buku inventarisasi perpustakaan Universitas Baturaja terdiri dari 20 kolom, yaitu:
a | b | c | d | Penerbit | Asal | Bahasa | q | r | s | t | |||||||||
e | f | g | h | i | J | k | Pembelian | n | Asing | ||||||||||
l | M | O | p | ||||||||||||||||
| | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Ket :
a. No Induk | k.Hadiah |
b. Tanggal | l. Rutin |
c. Nama Pengarang | m.Proyek |
d. Judul | n.Indonesia |
e. | o.Inggris |
f. Nama Penerbit | p. Lain – Lain |
g.Tahun Terbit | q. Harga Satuan |
h.Cetakan | r. Klasifikasi |
i. Jilid | s. ISBN |
j. Edisi | t. Ket |
2. Klasifikasi
Klasifikasi pustaka artinya pengelompokkan pustaka berdasarkan subjek/isinya: pustaka dengan subjek/isi yang sama dikumpulkan, yang berbeda dipisahkan, dan yang hamper sama didekatkan.
3. Katalogisasi
Katalog adalah daftar pustaka (buku dan non-buku) milik suatu perpustakaan yang disusun secara sistematis sehingga dapat digunakan untuk mencari dan menemukan lokasi pustaka dengan mudah dan cepat.
I. Penyajian Koleksi Perpustakaan
Setelah pustaka diolah maka pustaka pelu diberi kelengkapan – kelengkapan yaitu label, kartu buku, slip tanggal dan kantong buku. Perpustakaan Universitas Baturaja sudah menyajikan koleksi pustaka dengan cukup baik dengan memberi kelengkapan – kelengkapan koleksi tersebut.
J. Pelayanan Pembaca
Layanan pembaca adalah salah satu tolak ukur bagi keberhasilan kerja suatu perpustakaan. Dalam aspek layanan ini perpustakaan Universitas Baturaja menerapkan beberapa hal, meliputi:
1. Tata Tertib Penggunaan Perpustakaan Universitas Baturaja
a. Waktu Kunjungan
Perpustakaan dibuka dari hari senin sampai hari sabtu dengan dua pembagian yaitu, pagi dan sore.
- Pagi : Senin s.d Kamis 08.00 s.d 13.00 WIB
- Sore : Selasa – Kamis 13.00 s.d 17.00 WIB
b. Sistem Layanan
Perpustakaan Universitas Baturaja menerapkan sistem layanan terbuka (open acces). Sistem layanan terbuka adalah suatu sistem layanan yang memperbolehkan pengunjung perpustakaan masuk ke ruang koleksi untuk melihat – lihat, membuka – buka pustaka, dan mengambilnya dari tempat penyimpanan untuk dibaca di tempat atau dipinjam untuk dibawa pulang.
c. Peminjaman
Dalam meminjam koleksi perpustakaan terdapat ketentuan – ketentuan, yaitu
· Jumlah koleksi yang dipinjam maksimal : 3 buah
· Lama : 7 hari
· Terlambat : denda Rp.500/hari/buku
· Rusak/hilang : ganti
d. Larangan
Larangan – larangan yang diterapkan dalam perpustakaan Universitas Baturaja sebagai berikut :
- Dilarang membawa makanan ke ruangan
- Dilarang menulisi buku, kursi dan meja
- Dilarang mambaca buku di luar ruangan
e. Kewajiban
Kewajiban yang diterapkan dalam perpustakaan Universitas Baturaja sebagai berikut:
- Diwajibkan mengisi buku pengunjung
- DIwajibkan menjaga kebersihan, keamanan dan ketenangan
2. Keanggotaan
Syarat menjadi anggota perpustakaan Universitas Baturaja sebagai berikut :
a. Mahasiswa Universitas Baturaja
b. Mengisi formulir pendaftaran
c. Mengumpulkan Pas Photo 2 x 3 dua lembar
d. Membayar biaya pembuatan kartu
Daftar anggota perpustakaan dimuat dalam sebuah buku yang terdiri dari 10 kolom, yaitu :
a. Nomor anggota
b. Nama Mahasiswa
c. Tempat, Tanggal Lahir
d. Fakultas
e. Program Studi
f. Kelas
g. Angkatan
h. NPM
i. Alamat
j. Ket.
BAB III
KEGIATAN PLTP DI TEMPAT PRAKTIK
A. Kegiatan yang Dilakukan
Kegiatan praktik di mulai dengan penyerahan mahasiswa PLTP ke lokasi praktik dalam rangka bimbingan dan pengarahan mengenai apa saja kegiatan yang akan dilakukan, dalam hal ini kami diterima oleh Bapak Zainal Arifin, B.Sc selaku Kepala Perpustakaan Universitas Baturaja.
Praktik lapangan teknologi pendidikan di perpustakaan Universitas Baturaja dilaksanakan dari tanggal 10 November 2008 s.d 24 Januari 2009 dengan kegiatan sebagai berikut :
1. Pelayanan Sirkulasi
Pelayanan sirkulasi merupakan pusat kegiatan di perpustakaan, dimana anggota perpustakaan dapat meminjam dan mengembalikan buku yang diperlukan. Disini kita diajarkan bagaimana sistem peminjaman, perpanjangan dan registrasi anggota perpustakaan. Hal – hal pokok dalam pelayanan sirkulasi yaitu peraturan, persyaratan, tata tertib dan hal – hal lain yang dirasa perlu agar secara psikologis setiap anggota perpustakaan tidak menyalahgunakan bahan pustaka dan lebih melancarkan hubungan antara petugas dan anggota perpustakaan.
2. Membuat Kantong Buku dan Kantong Anggota
Kantong buku dibuat dari kertas casing dengan ukuran 9 x 12 cm dengan bentuk yang sudah ditentukan, kantong ini ditempelkan pada bagian dalam kulit belakang buku sebagai tempat kartu buku. Demikian juga dengan kantong anggota, bedanya ditulis nomor anggota, nama, NPM dan Fakultas untuk meletakkan kartu buku yang dipinjam.
3. Inventarisasi Buku
Koleksi perpustakaan yang ada harus ditata dalam buku inventaris untuk memudahkan penelusuran, selain itu stempel universitas dibubuhkan pada halaman judul, halaman 21 dan halaman terakhir. Stempel inventaris hanya pada halaman pertama.
4. Mengklasifikasi Buku
Seluruh koleksi buku perpustakaan harus diklasifikasikan / dikelompokan menurut kelasnya, disini sistem kalsifikasi yang digunakan adalah Dewey Decimal Clasification yang terdiri dari 10 kelas utama, 100 divisi dan 1000 koleksi.
5. Membuat Label Buku dan Nomor Buku
Untuk memudahkan petugas dalam mencari bahan bacaan, disetiap punggung buku ditempelkan label yang berisi nomor kalsifikasi, 3 huruf kapital nama depan / tengah pengarang da 1 huruf kecil judul buku. Label ini ditempelkan 2 ½ cm dari tepi buku bagian bawah sedangkan nomor buku ditulis / ditempel di cover depan buku bagian kanan atas .
6. Menyampul Buku
Setelah diberi label dan nomor, buku harus disampul menggunakan plastik bening, untuk melindungi buku dari kotoran / debu dan menjaga agar tidak cepat sobek atau rusak.
7. Membuat Katalog
Katalog adalah suatu daftar / indeks dari buku yang merupakan wakil dari buku sehingga mudah ditelusuri kembali. Proses pembuatan katalog atau data bibliografis yang akan menjadi tujuh pada suatu katalog disebut katalogisasi. Di perpustakaan Universitas Baturaja katalog yang digunakan adalah katalog induk yang disusun berdasarkan abjad nama pengarang.
8. Membuat kartu buku dan slip tanggal
Kartu buku dicetak pada karton merah yang mencantumkan nomor stanbook, nomor klasifikasi, nama pengarang dan judul, dibuat dengan ukuran 7,5 x 14 cm sama dengan slip tanggal tapi hanya memuat tanggal pengembalian buku.
9. Filling dan Shelving
Filling merupakan metode file untuk menemukan bahan pustaka secara cepat dan sistematis. Shelving adalah metode penyusunan buku kedalam rak buku.
10. Setting Ruangan
Menata ruangan agar terlihat indah dan nyaman sehingga para anggota tidak jenuh mengunjungi perpustakaan.
B. Faktor Pendukung
Faktor – faktor yang mendukung kami dalam kegiatan praktik adalah sebagai berikut :
1. Fasilitas yang mendukung sehingga kami dapat memahami kegiatan dalam mengelola sebuah perpustakaan.
2. Petugas perpustakaan yang cukup bersahabat.
C. Faktor Penghambat
Selain faktor pendukung, faktor penghambat yang kami alami, yaitu:
1. Dari sebagian peserta PLTP tidak dapat aktif karena bekerja, namun atas kebijaksanaan pamong PLTP hal tersebut dapat dimaklumi.
2. Waktu kurang efektif dan efisien karena harus berbagi dengan anggota perpustakaan.
3. Dana yang tidak memadai.
BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
1. Keberadaan perpustakaan merupakan suatu keharusan karena merupakan suatu sumber belajar yang membantu kegiatan belajar di sekolah, perguruan tinggi maupun masyarakat umum. Di lihat dari fungsi dan manfaat perpustakaan serta tuntutan kebutuhan akan pengetahuan dan informasi yang tumbuh semakin cepat seiring dengan kemajuan dan perkembangan teknologi menuntut perpustakaan untuk dikelola dengan baik dan dapat mengembangkan diri dengan jasa – jasa dan fasilitas yang lebih memadai. Dengan demikian, para pengguna jasa perpustakaan dapat memanfaatkan sarana dan jasa perpustakaan tersebut dengan tenang dan nyaman serta dapat berhasil guna.
2. Pengelolaan perpustakaan, mencakup:
a. Bagian Layanan, meliputi:
1) Layanan Sirkulasi, yaitu peminjaman dan pengembalian buku
2) Layanan Referensi, yaitu baca di tempat
3) Layanan Informasi, yaitu mengetahui koleksi apa saja yang ada.
b. Bagian Teknis, meliputi:
1) Pengadaan koleksi
2) Inventarisasi
3) Kelengkapan koleksi
4) Katalogisasi
5) Penyusunan koleksi
c. Bagian Administrasi, meliputi
1) Registrasi, yaitu pendaftaran anggota baru
2) Unregister, yaitu bebas pustaka
B. Saran
Disarankan kepada :
1. Pihak Universitas khusunya Yayasan Sebimbing Sekundang hendaknya :
a. Mengupayakan penambahan koleksi agar dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa Universitas Baturaja yang semakin banyak.
b. Mengupayakan Penambahan petugas pengelola mengingat terdapat beberapa bagian dalam mengelola perpustakaan.
c. Disarankan agar perpustakaan mempunyai struktur organisasi yang jelas sehingga pengelolaan perpustakaan berjalan dengan efektif dan efisien sesuai dengan bidangnya masing – masing.
2. Pihak Program Studi Teknologi Pendidikan hendaknya jangan menghapus mata kuliah pengelolaan perpustakaan karena pengetahuan dalam mengelola perpustakaan sangat diperlukan mengingat perpustakaan merupakan jantungnya pendidikan, apalagi masih sedikit sekali sumber daya manusia yang menguasai pengelolaan perpustakaan saat ini..
3. Mahasiswa yang memanfaatkan koleksi perpustakaan hendaknya mengembalikan koleksi sesuai dengan waktu yang ditentukan.
4. Seluruh mahasiswa yang melakukan kegiatan praktik ini, hendaknya dapat mengaplikasikan hasil praktiknya dengan baik.
LAMPIRAN – LAMPIRAN
2. Jadwal Kegiatan PLTP di Perpustakaan Universitas Baturaja
3. Contoh Kartu Katalog
4. Contoh Kartu Buku
5. Contoh Sleep Tanggal
6. Contoh Buku Pengunjung
7. Denah Ruangan Perpustakaan Universitas Baturaja
8. Jadwal Piket PLTP
9. Rekapitulasi Absensi PLTP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar