Translate

Blog Archive

Cari Blog Ini

e-Compusoft Online English Training

Sabtu, 13 Februari 2010

Laporan Survey SDP

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Program studi teknologi pendidikan fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Baturaja bertujuan membekali dan membina mahasiswa agar memiliki keahlian dalam bidang teknologi pendidikan, yang meliputi kegiatan desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, penilaian, dan penelitian. Mata kuliah pengelolaan sumber daya pembelajaran adalah salah satu wujud nyata usaha pembekalan mahasiswa dibidang pengelolaan sumber belajar yang ada.

Dalam rangka pencapaian tujuan di atas, adalah tugas program studi teknologi pendidikan untuk melakukan berbagai upaya pembekalan mahasiswa agar dapat meningkatkan semua kompetensi yang ada pada dirinya sehingga dapat melakukan tugasnya sebagai tenaga kependidikan. Di samping memberikan perkuliahan yang bersifat teori, program studi teknologi pendidikan juga memandang perlu melatih dan membekali mahasiswa dengan melakukan praktik – praktik di lapangan (lembaga/instansi pendidikan dan latihan serta pusat sumber belajar).

Kegiatan melatih dan membekali mahasiswa di lapangan salah satunya dilakukan dalam bentuk “survey lapangan”. Dalam hal ini pada mata kuliah pengelolaan sumber daya pembelajaran, mahasiswa dituntut untuk melakukan survey pada pusat sumber belajar yang ada di daerah sekitar. Baik dalam hal pengelolaan maupun sarana dan prasarana. Dengan demikian mahasiswa dapat melihat langsung kenyataan di lapangan serta dapat menilai sejauh mana perkembangan pusat sumber belajar yang ada di sekitarnya.

B. Tujuan Survey Lapangan

Kegiatan survey ini bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa pada mata kuliah pengelolaan sumber daya pembelajaran. Dalam kegiatan survey ini mahasiswa akan memperoleh pengetahuan langsung di lapangan.

C. Manfaat Survey Lapangan

Hasil dari survey lapangan ini diharapkan dapat:

1. Menambah wawasan dan pengetahuan bagi penulis

2. Menambah wawasan dan pengetahuan bagi para pembaca

3. Melengkapi tugas mata kuliah “Pengelolaan Sumber Daya Pembelajaran”

BAB II

DESKRIPSI TEMPAT SURVEY

A. Latar Belakang Berdirinya Perpustakaan SMA Negeri 4 OKU

Setiap satuan pendidikan jalur pendidikan sekolah yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun masyarakat harus menyediakan sumber belajar (Undang – Undang No. 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional). Selanjutnya dijelaskan bahwa salah satu sumber belajar yang amat penting, tetapi bukan satu – satunya adalah perpustakaan yang harus memungkinkan para tenaga kependidikan dan para peserta didik memperoleh kesempatan untuk memperluas dan memperdalam pengetahuan dengan membaca bahan pustaka yang mengandung ilmu pengetahuan yang dibutuhkan. Bagaimana dengan pepustakaan SMA Negeri 4 OKU? Kondisi perpustakaan SMA Negeri 4 OKU secara fisik telah dibuka sejak tahun pelajaran 2000/2001.

B. Ruangan Perpustakaan

Ruangan perpustakaan SMA Negeri 4 OKU seluas 120 m2, yang terdiri dari ruang baca, ruang layanan, ruang koleksi, ruang administrasi dan pengelolaan, gudang dan WC. Ruangan perpustakaan SMA Negeri 4 OKU merupakan milik sendiri dan mempunyai daya tampung 40 orang.

C. Perabotan/Peralatan

1. Rak/Lemari buku : 7 buah

2. Meja dan kursi baca : 40 pasang

3. Rak majalah/surat kabar : 1 buah

4. Meja dan kursi kerja : 2 pasang

5. Lemari katalog : 1 buah

6. Papan pengumuman : 1 buah

7. Komputer : 1 set

8. Printer : 1 buah

D. Sumber Dana

Dana bersumber dari sumbangan awal tahun pelajaran.

E. Bahan Pustaka

No

Jenis Koleksi

Jumlah Judul

Jumlah Eksemplar

1

Buku Fiksi

480

1.492

2

Buku Nonfiksi

479

1.396

3

Majalah/bulletin

2

103

4

Surat Kabar

1

30

5

Kaset

66

66

6

Video

1

1

F. Jenis Perpustakaan

Jenis perpustakaannya adalah perpustakaan sekolah

G. Struktur Organisasi

Staff TU


H. Sumber Pengadaan Koleksi

Sumber pengadaan koleksi perpustakaan SMA Negeri 4 OKU antara lain:

1. Pembelian yang dananya bersumber dari sumbangan awal tahun.

2. Sumbangan wajib bagi para siswa yang baru menyelesaikan studinya di SMA Negeri 4 OKU

3. Bantuan dari menteri, departemen agama, dan perpustakaan provinsi.

I. Pengelolaan Perpustakaan

1. Inventarisasi

Buku inventarisasi perpustakaan SMA Negeri 4 Oku memiliki 12 kolom yang terdiri dari:

a. No urut

b. Tanggal

c. Nama Pengarang

d. No urut buku

e. Judul

f. Tahun Terbit

g. Nama Penerbit

h. Sumber

i. Harga

j. Golongan

k. Jumlah

l. Keterangan

2. Klasifikasi

Perpustakaan SMA Negeri 4 OKU menggunakan sistem klasifikasi DDC

3. Katalogisasi

Perpustakaan SMA Negeri 4 OKU belum memiliki sistem katalogisasi (masih tahap proses) tetapi lemari katalog sudah tersedia

J. Penyajian Koleksi Perpustakaan

Perpustakaan SMA Negeri 4 OKU sudah menyajikan koleksi pustaka dengan cukup baik, yaitu kelengkapan kartu buku, kartu tanggal, dan kantong buku sudah ada.

K. Pelayanan Pembaca

1. Laporan Jumlah Koleksi dan Jumlah Pengunjung

Laporan mengenai jumlah koleksi, jumlah pengunjung dan sebagainya sudah dilaksanakan. Awalnya setiap satu tahun sekali tetapi mulai tahun ini dilaporkan setiap tiga bulan sekali. Laporan tersebut disampaikan ke perpustakaan daerah kabupaten dan provinsi. Untuk lebih lengkapnya lihat lampiran.

2. Tata Tertib Penggunaan Perpustakaan SMA Negeri 4 OKU

a. Waktu Kunjungan

  • Pagi : Senin s.d Kamis 08.00 s.d 13.00 WIB

Jum’at 08.00 s.d 11.00 WIB

Sabtu 08.00 s.d 12.00 WIB

  • Sore : Selasa – Kamis 14.00 s.d 17.00 WIB

b. Sistem Layanan

Layanan terbuka (open acces)

c. Peminjaman

· Jumlah : 2 buah

· Lama : 2 hari

· Terlambat : denda Rp.200/hari

· Rusak/hilang : ganti

d. Larangan

  • Dilarang membawa makanan ke ruangan
  • Dilarang menulisi buku, kursi dan meja
  • Dilarang mambaca buku di luar ruangan

e. Kewajiban

  • Diwajibkan mengisi buku pengunjung
  • DIwajibkan menjaga kebersihan, keamanan dan ketenangan

3. Keanggotaan

Seluruh siswa merupakan anggota perpustakaan.

BAB III

PENUTUP

A. Kesimpulan

Keberadaan perpustakaan merupakan suatu keharusan karena perpustakaan merupakan salah satu sumber belajar yang membantu kegiatan belajar di sekolah, perguruan tinggi maupun masyarakat umum. Di lihat dari fungsi dan manfaat perpustakaan serta tuntutan kebutuhan akan pengetahuan dan informasi yang tumbuh semakin cepat seiring dengan kemajuan dan perkembangan teknologi menuntut perpustakaan untuk dikelola dengan baik dan dapat mengembangkan diri dengan jasa – jasa dan fasilitas yang lebih memadai.

Dengan demikian, para pengguna jasa perpustakaan dapat memanfaatkan sarana dan jasa perpustakaan tersebut dengan tenang dan nyaman serta dapat berhasil guna.

B. Sarana

1. Sebaiknya perpustakaan dikelola oleh yang ahli di bidang perpustakaan

2. Setiap perpustakaan setidaknya harus mempunyai satu orang pustakawan

1 komentar: