A. Ciri – Ciri Inovasi
Faktor kunci untuk menganalisis masalah inovasi terdapat dalam mempelajari ciri – ciri inovasi itu sendiri. Disini dikemukakan pengkategorian analisis masalah yang dikutip oleh Ceri dalam buku :
“Innovation in Education A Systemic View”, sebagai berikut :
1. Tujuan dan fungsi
2. Administrasi dan organisasi
3. Peran dan hubungan – hubungannya
4. Kurikulum
Untuk mengidentifikasikan apakah ciri – ciri utama suatu inovasi, perlu dijawab pertanyaan – pertanyaan berikut :
1. Apa beda tujuan inovasi dalam hubungannya dengan apa yang diterapkan
2. Apakah nilai inovasi melebihi dari nilai yang digantikan
3. Apakah ada perubahan organisasi secara implisit dalam proposal
4. Tipe perubahan tingkah laku apakah yang diharapkan dari inovasi
5. Apakah jenis sumber – sumber yang termasuk sebagai bagian – bagian yang diperlukan dalam inovasi (materi, kurikulum, konsultan, guru, penataran, dan sebagainya).
Sebagian inovasi yang berarti akan memiliki perubahan – perubahan dalam setiap areal yang disebutkan diatas. Penekanan utama inovasi adalah perubahan dalam tujuan dan fungsi sekolah dalam masyarakat.
B. Analisis Tiga Dimensi
Dengan inovasi yang khusus dalam pemikiran, kita sekarang akan meneruskannya dengan menerangkan suatu analisa dalam kerangka yang mengikuti tiga dimensi.
1. Proses inovasi
a. Identifikasi masalah
b. Pemakaian/pelaksanaan
c. Pengembangan
d. Penyebaran
e. Penerangan
2. Strategi inovasi
a. Strategi empiris – rasional
b. Strategi normatof – reedukatif
c. Strategi kebijakan administrative
Strategi inovasi ini dapat juga digambarkan dalam bentuk segitiga sebagai berikut :
Strategi kebijakan administrasi
Strategi Strategi normative
Empiris reedukatif
rasional
3. Tingkatan dari pengambilan keputusan
Dimensi yang terakhir dari analiasa kerangka kerja dalam inovasi adalah tingkatan dalam pengambilan keputusan (level of deocision making).
Ciri – ciri mengungkapkan sebagai berikut :
a. Politikus
b. Menejer
c. Guru
d. Pelajar/orang tua
e. Peneliti
f. Saran – saran dari pemerintah
Level of decision making, digambarkan sebagai berikut
General Politikus
Managemen
Teachers
Students/Parents
Regional Reseaerchers
Others
School
C. Tindakan inovatif
Maksud analisa yang digambarkan di atas adalah untuk menambah pengetahuan kita tentang perubahan proses dalam pendidikan terhadap kelengkapan suatu proses yang memiliki beberapa pengertian yang tercakup didalamnya.
Analisa tersebut memberikan sebuah gambaran yang sistematis atas perubahan proses yang mengikuti suatu inovasi dari langkah – langkah awal sampai pada penetapannya. Ini jelas sekali dari analisis studi kasus ceri, mengungkapkan sebuah pendekatan khusus pada suatu tingkat proses inovasi dengan segala konsekuensinya untuk langkah berikutnya. Hal ini telah di kemukakan pada bagian analisa tiga dimensi diatas keterbitan pada guru pada pengembangan kerangka kerja, mungkin atau tidak mungkin merubah “kualitas produk” tapi hal ini juga mempunyai efek posistif dalam daerah penerapannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar